Merdeka-Belajar-Menurut-Ki-Hajar-Dewantara

Hakikat Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara

Mari mengenal merdeka belajar menurut ki hajar dewantara memiliki arti bebas dalam berpikir serta mengekspresikan diri.

Merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara pada dasarnya mengarah ke arti pendidikan yang sesungguhnya. Pendidikan seharusnya menuntun anak bangsa ke arah kebahagiaan dan keselamatan. Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara, tenaga pendidik memiliki tugas untuk menuntun anak bangsa dalam memperbaiki tingkah laku (sikap) di setiap masa pertumbuhan anak. Bangsa Indonesia menganut konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara, oleh karena itu akan dibahas mengenai konsep merdeka belajar satu ini dari berbagai aspek.

Aspek Guru

Tugas seorang dalam konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara adalah memberikan berbagai macam bentuk ilmu ke anak didik guna mempersiapkan anak untuk terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbudaya, dan juga beragama. Hakikat pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara pada dasarnya memiliki arti sebagai upaya dalam memajukan pendidikan karakter, pendidikan akademis, serta tumbuh kembang anak.

Hakikat Mendidik Bagi Seorang Guru

Tugas guru tidak hanya mendidik murid dalam akademis saja, tetapi guru juga harus mendidik ketrampilan berpikir murid yang dididiknya. Guru juga harus bertanggung jawab terkait perkembangan kecerdasan batin setiap murid. Pendidikan intelektual juga harus dieksplor sebaik mungkin. Kekuatan dari seorang anak berasal dari tuntutan orang dewasa (guru & orangtua).

Pendidikan Berpengaruh Untuk Kehidupan Jangka Panjang

Menurut Ki Hajar Dewantara, sistem pendidikan suatu bangsa akan sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan dalam jangka waktu yang lama. Sistem pendaftaran yang disarankan adalah sistem yang humanis serta transformatif. Pendidikan juga harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kualitas Tenaga Pendidik Akan Mempengaruhi Kualitas Murid

Konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara bagi seorang guru adalah berperan sebagai tenaga pendidik yang profesional dan juga adaptif. Guru harus bisa membimbing muridnya dalam memahami kebutuhan lahir batin si murid supaya terwujud keseimbangan kehidupan di masa mendatang. Guru harus bisa mendidik murid dalam penguatan serta menentukan tujuan belajar dari si murid. Guru juga harus bisa menumbuhkan karakter kerjasama, empati, menghargai sesama, serta refleksi diri. Karakter tersebut sangat penting untuk pengembangan diri si murid yang nantinya akan berkontribusi dalam kehidupan sosial setiap anak.

Aspek Murid

Menurut konsep merdeka belajar Ki Hajar Dewantara, keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan dari aspek guru saja. Sifat dan juga lingkungan sekitar murid juga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu pendidikan. Pada dasarnya guru memiliki peran sebagai penghubung antara murid dan berbagai macam sumber belajar yang tersedia. Hal inilah yang akan membantu penguatan karakter dari si murid.

Pendidikan Harus Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Menurut konsep merdeka belajar Ki Hajar Dewantara, irama dan juga isi dari suatu pendidikan haruslah dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Contoh, sistem pendidikan zaman dulu sangatlah berbeda dengan sistem pendidikan zaman sekarang yang sudah terpengaruh oleh digitalisasi.

Penerapan Asas Trikon

Konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara pada penerapannya berlandaskan pada asas ini. Berikut penjelasan mengenai asas Trikon.

  1. Kontinyu

Memiliki arti sebagai pengembangan berkesinambungan yang dilakukan terus-menerus dan didukung perencanaan yang matang. Contoh hal-hal yang bersifat kontinyu adalah seperti kebudayaan dan lain sebagainya.

  1. Konvergen

Memiliki arti sebagai usaha untuk menciptakan persatuan kebudayaan umat manusia dari berbagai bangsa berbeda di seluruh dunia. Persatuan ini tentu saja tidak mengorbankan nilai serta identitas dari setiap bangsa.

  1. Konsentris

Memiliki arti sebagai sikap terbuka, kritis serta selektif dalam menghadapi pengaruh kebudayaan baru yang ada disekitar.

Kesimpulan

Pada dasarnya konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara memiliki arti sebagai kebebasan diri dalam mempelajari berbagai hal dan kebebasan diri dalam mengeksplor segala hal tanpa adanya pengekangan dari pihak lain. Pendidikan akan membantu kesiapan anak dalam menghadapi dunia sosial. Keberhasilan dari suatu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kualitas guru tetapi juga ditentukan oleh sikap dan juga lingkungan sekitar peserta didik. Pendidikan diperlukan untuk membentuk karakter anak yang berbudi pekerti luhur. Berikut tadi penjelasan mengenai konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara. Semoga dapat menambah wawasan para pembaca terkait hakikat merdeka belajar yang sebenarnya. Semoga bermanfaat!!

Comments are closed.